Melihat Tingkah Laku Ternak Babi

Assalamualaikum, Wr. Wb

Pada postingan kali ini saya ingin menyampaikan beberapa
pengetahuan tentang dunia ternak yang saya ketahui. Berbekalkan ilmu pengetahuan yang didapatkan pada perkuliahan dan kunjungan langsung ke peternakan babi, kita dapat melihat tingkah laku ternak tersebut.
Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa poin tentang Menengok Ternak Babi. Yuk kita simak beberapa tingkah laku ternak babi.


1. Laktasi (Menyusui)

Ternak babi identik dengan tingkat kebuntingan dan memiliki jumlah anak yang tinggi, segingga puting susu yang dimilikinya cukup banyak. Jumlah puting susu pada babi sebanyak 8 buah. Akan tetapi kelahirannya bisa mencapai 6-13 ekor sehingga menyebabkan proses laktasi pada anak babi tidak mencukupi karena jumlah puting yang terbatas. Berikut proses laktasi pada babi




2. Istirahat

Ternak babi identik dengan hewan yang malas, ya begitulah keadaan tingkah lakunya. hewan babi lebih banyak istirahat sehingga proses pergerakan terbatas dan penimbunan hasil pencernaannya juga cukup tinggi.




3. Interaksi Sosial

Tidak hanya pada manusia hewan ternak pun melakukan tingkah laku sosial. Ternak babi juga banyak melakukan interaksi sosial, salah satunya adalah mengendus lawan atau temannya. Jelas berbeda dengan manusia ya, ternak lebih banyak menjilati atau menciumi lawannya atau pada monyet seperti mencari kutu lawannya.




4. Berkubang

Ternak babi juga suka berkubang layaknya kerbau. tujuan berkubang yang dilakukan ternak babi agar menjaga kulitnya tetap lembab dan tidak kering oleh sinar matahari. Akan tetapi pada umumnya peternakan babi jarang sekali menyediakan tempat berkubang karena akan mempengaruhi kebersihan kandang.




5. Reproduksi (Kawin)

Ini merupakan tingkah laku alamiah setiap makhluk hidup untuk memperbanyak individu dari populasinya. Perlu diketahui, alat kelamin jantan babi berbentuk spiral dan uterus pada babi memiliki 8 bagian uteri yang berlipat-lipat itulah yang menyebabkan babi memiliki anak yang banyak.



Ya, jadi diatas adalah beberapa tingkah laku ternak babi, masih banyak tingkah laku lainnya yang mungkin belum dapat tertangkap oleh kamera saya. untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada video dibawah ini. Terimakasih



Wassalamualaikum, Wr. Wb

1 komentar: