Bagaimana Cara Menduga Umur Domba atau Kambing?

Hai Sobat Peternakan!, pada umumnya masyarakat bertanya-tanya bagaimanakah caranya menduga umur Ternak Domba atau Kambing. Bagi umat muslim dibutuhkan informasi umur ternak tersebut dalam beberapa momen, misalnya dalam rangka Hari Raya Idul Adha (Qurban) dan pada saat Tasyakuran Aqiqah kelahiran anak. Kedua momen tersebut membutuhkan Ternak Domba atau Kambing dengan kriteria umur yang telah ditentukan. Maka dari itu penulis akan membagikan caranya pada artikel kali ini, simak yuk!

Mengapa Harus Menduga Umur Ternak Domba atau Kambing?

Dalam usaha penggemukan domba salah faktor yang mendukung keberhasilannya adalah pemilihan bibit atau bakalan yang akan digemukkan nantinya, cara dalam memilih bibit yang baik adalah dengan mengetahui umur domba tersebut. Selain itu dibutuhkan juga informasi bagi peternak tentang umur tentang sebagai bahan evaluasi dalam sistem reproduksi dalam tujuan pengembangbiakkan.

Apa Fungsi & Manfaat Menduga Umur Ternak?

Tertulis di dalam Technical Bulletin no. 23 (2009) yang di terbitkan oleh ESGPIP (Ethiopia Sheep and Goat Productivity Improvement Program), mengetahui usia domba dan kambing penting bagi sejumlah alasan. Beberapa alasannya adalah:
  • Memutuskan kapan untuk menyisihkan (dipisahkan menjadi bibit atau afkir)
  • Mengetahui dan memilih domba atau kambing untuk dibeli
  • Memutuskan kapan ternak untuk kawin
  • Mengetahui umur untuk seleksi di antara seluruh ternak
  • Menyesuaikan perbedaan usia
  • Memiliki perkiraan yang baik untuk reproduksi domba atau kambing

Rumus Menetukan Umur Melalui Gigi Seri Ternak Domba atau Kambing

Menurut literatur Technical Bulletin (2009) yang di terbitkan oleh ESGPIP (Ethiopia Sheep and Goat Productivity Improvement Program), Adapun penentuan umur domba dilihat dari pertumbuhan gigi seri permanen yang berada di rahang bawah. Berikut adalah tabel dalam penentuan umur ternak domba:

Sebagai catatan yang harus diperhatikan adalah Gigi Seri pada bagian Rahang Bawah. Untuk mempermudah dalam visualisasi berikut adalah gambar-gambar gigi seri pada bagian rahang bawah:

Cara Praktik Melihat Gigi Ternak Domba atau Kambing

  • Lakukan Handling dengan cara meletakkan domba diantara kedua kaki penghandling, kemudian pegang kepala domba dengan tangan kiri.
  • Selanjutnya adalah memasukkan ibu jari dari tangan kanan ke rahang domba posisi di paling belakang tepatnya setelah gigi geraham terakhir. Posisi tersebut dimana tidak terdapat gigi lagi.
  • Kemudian angkat bibir bagian atas domba dan melihat jumlah gigi seri permanen pada domba tersebut.

Demikian Sobat Peternakan cara menduga umur ternak domba atau kambing, semoga artkel ini bermanfaat bagi Sobat Peternakan!

Sumber: Technical Bulletin no. 23 Ethiopia Sheep and Goat Productivity Improvement Program (2009)

Tidak ada komentar